Kamis, 24 Juni 2010

Piala Dunia 2010, Tak Kenal Libero!

"DI Piala Dunia 2010 tak ada pemain yang diberi peran atau berkapasitas sebagai libero, seperti Beckenbauer di tim Jerman pada Piala Dunia 1974!" ujar Umar. "Libero menurut Wikipedia berasal dari kata Italia yang berarti bebas! Beckenbauer selaku inisiator bebas menjelajah semua lini! Di belakang menjadi benteng pertahanan terakhir yang berfungsi sweeper--sapu jagat! Di tengah sebagai 'jenderal' pengatur strategi! Di depan, bukan saja menyalurkan bola ke striker, malah dirinya sendiri merupakan striker paling berbahaya! Begitulah libero!"

"Jika dalam Piala Dunia 2010 tak dikenal libero, mungkin karena para manajer-pelatih tak menemukan pemain yang memenuhi kapasitas untuk diberi peran sebagai libero!" sambut Amir. "Selain harus memiliki speed dan power yang luar biasa, seorang libero harus menguasai secara mahir semua teknis sepak bola! Lebih dari itu, postur tubuh ideal dilengkapi moralitas dan mentalitas mumpuni sebagai pemimpin lapangan! Untuk kualifikasi seperti itulah, sang megabintang legendaris Franz Beckenbauer hingga sekarang belum ada duanya!"
"Beckenbauer lahir di Muenchen 11 September 1945, dijuluki Der Kaiser, 'Sang Kaisar', berkat gayanya yang anggun, kemampuan memimpin, dan dominasinya di lapangan sebagai libero!" tambah Umar. "Selain sebagai kapten ia berhasil membawa Jerman juara dunia 1974, sebagai pelatih ia kembali membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 1990 di Italia!"
"Dalam Piala Dunia 2010, Beckenbauer hadir di Afsel! Tentu ia jadi tumpuan wartawan meminta komentar! Hasilnya, ia kritik tajam tim Prancis, Inggris, dan tanpa kecuali, tim Jerman!" tegas Amir. "Tim Prancis menurut Beckenbauer tak pantas tampil di piala dunia, karena sejauh ini cuma menunjukkan level permainan kelas uji coba dan tak pantas disaksikan di ajang sekelas Piala Dunia. (Kompas.com, [20-6]). Lalu tim Inggris, karena Liga Primer lebih banyak memberi ruang untuk pemain asing, Fabio Capello tak bisa membuat sentuhan apa pun untuk mengubah kick and rush--permainan kasar--Inggris! Saat lawan AS, Inggris cuma sedikit menunjukkan permainan sepak bola!" (MI, [15-6])
"Lalu kritik buat tim Jerman?" kejar Umar.
"Karena tak membawa pemain senior, antara lain karena memang cedera, seperti Michael Ballack dan Heiko Westermann!" jawab Amir. "Tanpa pemain senior terbukti, setelah kecewa atas kartu merah buat Klose, tak ada motivator di lapangan yang mampu membangkitkan kembali semangat juang anak-anak 'Der Panzer'! Setelah kalah 0-1 dari Serbia, bahkan Podolski gagal menyamakan lewat tendangan penalti! Jadi, jangankan libero, motivator lapangan saja tak dibawa!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda untuk artikel ini tapi JANGAN coba-coba mengirimkan SPAM. Dan jangan lupa untuk mengklik iklan yang ada di blog ini agar blog ini terus berkembang menjadi lebih baik dan berkualitas...1 iklan yang anda klik akan sangat bermakna bagi kami...

Related Posts with Thumbnails