Rabu, 09 Juni 2010

Inilah Cara Deteksi Keaslian Video Ariel

Deteksi keaslian video Ariel bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kepolisian juga memiliki alat yang lengkap untuk mendeteksi kebenaran video itu.
Pakar TI ITB Agung Harsoyo mengatakan pendeteksian keaslian video Ariel bisa dilakukan melalui beberapa hal. Pertama menggunakan features matching.
Cara itu merupakan teknik samplingdengan membandingkan beberapa foto wajah yang ada di


video dengan foto asli.
“Ini merupakan teknik dasar di mana fitur-fitur tertentu yang memang secara khusus ada misalnya iris mata, lebar antar kedua mata ataupun fitur yang menonjol seperti tinggi badan serta proporsi tubuh,” katanya saat dihubungi dari Jakarta.
Selanjutnya, menurut Agung, ialah menggunakan metadata. “Metadata adalah informasi di dalam data misalnya tanggal pembuatan, jenis file, software untuk capture, dan unsur-unsur file yang bisa dievaluasi apakah ini masuk akal sebagai video Luna Maya atau bukan.”
Yang terakhir, Agung menjelaskan materi pendukung pada setting video juga dapat dimanfaatkan. “Teman-teman dari cinematografi pasti mengerti. Mereka dapat mendeteksi tempat kejadian, berapa orang yang membuat video tersebut serta alat pendukung dari gambar ini. sehingga diperoleh informasi mengenai kapan dan bagaimana proses pembuatan dan dicocokkan dengan kejadian aslinya.”
Agung menilai pihak kepolisian memiliki alat yang lengkap untuk mendeteksi kebenaran video tersebut, namun membutuhkan waktu untuk memberikan keterangan deskriptif. “Kalau secara subtansi, saya rasa pihak kepolisian tidak butuh waktu banyak namun memang diperlukan analisis deskriptif agar bisa yakin sepenuhnya,” katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda untuk artikel ini tapi JANGAN coba-coba mengirimkan SPAM. Dan jangan lupa untuk mengklik iklan yang ada di blog ini agar blog ini terus berkembang menjadi lebih baik dan berkualitas...1 iklan yang anda klik akan sangat bermakna bagi kami...

Related Posts with Thumbnails