Jumat, 25 Juni 2010

Arkeolog Temukan Lukisan Tertua Murid Yesus

ROMA - Arkeolog Italia dan tim pemugar karya seni di Italia mengklaim telah menemukan lukisan tertua yang menggambarkan beberapa murid Yesus Kristus. Lukisan tersebut diyakini merupakan gambaran wajah santo Andreas, santo Yohanes, santo Petrus, dan salah seorang pengikut Yesus lainnya, Paulus.

Mahakarya seni tersebut ditemukan di sebuah kuburan bawah tanah (katakomba) di Roma dekat dengan Basilika Santo Petrus. Diperkirakan lukisan tersebut dibuat pada pertengahan abad keempat atau awal abad kelima masehi.

" Lukisan itu adalah gambar pertama yang kita ketahui merupakan wajah keempat rasul," kata kepala arkeologi untuk berbagai katakomba, Vatikan, Roma, Profesor Fabrizio Bisconti seperti dilansir ABC,Jumat (25/6/2010).

"Penemuan ini sungguh menggugah emosi," tambah Bisconti.

Para arkeolog dan tim menggunakan teknologi laser baru yang memungkinkan gambar-gambar tersebut dapat terlihat. laser-laser mampu menyingkirkan lapisan kalsium karbonat putih yang muncul akibat kelembaban udara. "Laser menciptakan semacam letupan uap ketika berbenturan dengan kalsium karbonat untuk melepaskannya dari permukaan,'' kata Barbara Mazzei, penanggung jawab proyek tersebut.

Seperti diketahui, Santo Petrus, Andreas dan Yohanes merupakan tiga dari empat murid Yesus, sementara santo Paulus dikenal sebagai pengikut setelah masa Yesus wafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda untuk artikel ini tapi JANGAN coba-coba mengirimkan SPAM. Dan jangan lupa untuk mengklik iklan yang ada di blog ini agar blog ini terus berkembang menjadi lebih baik dan berkualitas...1 iklan yang anda klik akan sangat bermakna bagi kami...

Related Posts with Thumbnails