Kamis, 24 Juni 2010

Piala Dunia 2010, Spirit Pembebasan!

"KALAU dalam Piala Dunia 2002 Turki dan Korsel nyodok sampai semifinal, pada Piala Dunia 2010 tim Paraguay tampak berjuang keras untuk mendapatkan peluang sama!" ujar Umar. "Setelah menahan 1-1 juara bertahan Italia, berbekal spirit pembebasan amanah rakyat negerinya, Paraguay menaklukkan Slovakia 2-0! Meskipun yang mencetak gol Enrique Vera dan Cristian Riveros, kepatriotan Roque Santa Cruz dan Nelson Valdez, keduanya bintang Liga Primer Inggris dan Bundesliga, layak diperhitungkan!"

"Selain permainan tim Paraguay enak ditonton, semangat juangnya membuka harapan—dua sisi sekeping uang!" sambut Amir. "Itu karena dalam profesionalitas, selain di liga Eropa, para pemain Paraguay juga main di klub-klub standar Amerika Latin! Vera bermain di Ekuador, Aureliano Torres di Argentina! Paraguay negara kecil, berpenduduk 6.995.655 (2009)—lebih kecil dari Lampung—menjadikan pemain sepak bola sebagai ‘komoditas’ ekspornya!"
"Keindahan sepak bola jadi jalan keluar dari kemiskinan bagi anak-anak Paraguay, salah satu negara termiskin di Amerika Latin!" tegas Umar. "Akibat kemiskinan yang luas, Pemilu Presiden 22 April 2008 dimenangkan mantan Uskup Katolik Fernando Lugo (56 tahun)—yang terkenal sebagai bishop of the poor—uskupnya orang miskin! Lugo, aktivis Teologi Pembebasan, menang pemilu lewat Aliansi Patriotik untuk Perubahan yang memperjuangkan keadilan dan melawan kemiskinan! (Buzzy.com, [23-4-2008]) Gelora spirit pembebasan di hati rakyat inilah amanah bagi tim Paraguay ke Piala Dunia 2010! Presiden Lugo mengirim pesan khusus pada tim di Afsel, agar meneruskan perjuangan Salvador Cabanas, pemain yang sedang terluka akibat tembakan di Meksiko City, yang baru sadar di Buenos Aires!" (The Jakarta Post, [21-6])
"Kemenangan Lugo membebaskan Paraguay dari cengkeraman golongan reaksioner yang telah berkuasa 61 tahun!" timpal Amir. "Penguasa reaksioner itu bernaung dalam Partai Colorado, yang juga pernah mendukung diktator Jenderal Alfredo Stroessner! Calon dari partai penguasa itu hanya mendapat suara 30 persen!"
"Lugo yang kampanye hanya mengenakan sandal membangun aliansi luas, serikat buruh, warga Indian, para petani miskin, dan partai-partai oposisi!" tegas Umar. "Tokoh karismatik ini mengartikulasikan kemarahan rakyat terhadap korupsi dan penyelenggaraan negara yang busuk, penyebab para petani dan kaum miskin sangat menderita puluhan tahun!"
"Dengan spirit pembebasan dari kemiskinan lewat sepak bola, setiap langkah maju tim Paraguay di Piala Dunia 2010 menjadi pembuka gerbang masa depan lebih baik bagi anak negerinya!" timpal Amir. "Semangat patriotik Santa Cruz dkk. pun akan selalu menjiwai sajian permainan sepak bola indah Paraguay!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda untuk artikel ini tapi JANGAN coba-coba mengirimkan SPAM. Dan jangan lupa untuk mengklik iklan yang ada di blog ini agar blog ini terus berkembang menjadi lebih baik dan berkualitas...1 iklan yang anda klik akan sangat bermakna bagi kami...

Related Posts with Thumbnails