Kamis, 24 Juni 2010

Piala Dunia 2010, Soal 'Sliding Tackle'!

"PUTARAN awal Piala Dunia 2010 bisa jadi ajang main poker--jika kartu kuning dan merah yang dikeluarkan wasit ditukar satu set kartu joker! Mayoritas kartu diberi wasit akibat sliding tackle--meluncurkan tubuh dengan kaki menendang bola di kaki lawan!" ujar Umar. "Soalnya, di Piala Dunia 2010 ini setiap ada pemain jatuh karena sliding, langsung disemprit! Sering tak peduli sliding-nya kena bola! Jadi, standarnya yang di-sliding jatuh atau tidak, bukan bolanya kena atau tidak!"

"Gejala demikian membuat pemain frustrasi, tak cuma orang per orang, bahkan bisa terjadi pada tim seperti terjadi pada Jerman saat lawan Serbia usai Klose mendapat kartu merah!" sambut Amir. "Penonton juga resah! Banyak situs di internet seantero dunia membahas hukuman wasit atas sliding tackle di Piala Dunia 2010 ini, malah ada yang membahas kasus per kasus!"
"Tegasnya wasit di Piala Dunia 2010, khususnya pada sliding tackle, merupakan respons FIFA atas makin seringnya pemain andalan cedera serius akibat kian kerasnya gaya permainan sepak bola mutakhir, khususnya lagi dalam sliding tackle!" tegas Umar. "Meskipun demikian, FIFA tidak membuat peraturan baru mengenai sliding tackle! FIFA hanya meminta wasit prioritas pada keselamatan pemain dengan menerapkan aturan main secara tegas! Wasit dianggap cukup arif untuk menilai mana tackle yang membahayakan pemain dan layak dihukum sesuai dengan ketentuan!"
"Kalau memakai aturan FIFA, berarti sliding tackle tidak dilarang! Menurut Jonathan Lister dalam Slide Tackling Rules (www.eHow.com), jika dilakukan secara benar, slade tackle merupakan manuver sepak bola yang efektif di mana pemain bertahan menyapu secara bersih bola jauh dari penyerang!" timpal Amir. "Tapi, jika tak dilakukan secara benar, sanksi berat untuk sliding tackle!"
"Sanksi berat seperti apa?" kejar Umar.
"Sliding tackle dilarang dari belakang! Sanksinya kartu kuning! Jika memakai tenaga berlebihan, bisa langsung dikartu merah!" jelas Amir. "Sedang sliding tackle dari samping, jika kena bola boleh! Jika tak kena bola tapi kena kaki, free kick! Jika tak kena bola lalu sengaja menjatuhkan atau menendang kaki lawan, kartu kuning! Jika sengaja menendang kaki lawan dengan kekuatan yang berlebihan, kartu merah! Wasit di lapangan bisa menilai sejauh mana pelanggaran terjadi!"
"Kalau begitu, tindakan wasit sesuai dengan ketentuan!" tegas Umar. "Cuma, karena terlalu sering kartu kuning, pemain merasa tertekan dan Piala Dunia 2010 jadi kurang enak ditonton!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan anda untuk artikel ini tapi JANGAN coba-coba mengirimkan SPAM. Dan jangan lupa untuk mengklik iklan yang ada di blog ini agar blog ini terus berkembang menjadi lebih baik dan berkualitas...1 iklan yang anda klik akan sangat bermakna bagi kami...

Related Posts with Thumbnails